‏‏‎ ‎

Sport For All Expo dan Festival Olah Raga Tradisional Dibuka, Masyarakat Hendaknya Antusias

BOYOLALI – Dalam rangka peningkatan kesehatan serta melestarikan permainan tradisional, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Boyolali mengadakan Sport For All Expo dan Festival olah raga tradisional, bertempat di Alun-Alun Kidul Kabupaten Boyolali, Sabtu dan Minggu tanggal 2 dan 3 Desember 2017, Acara tersebut dihadiri dari berbagai wilayah di Indonesia, tampak dari panggilan Pembawa acara yang memeriahkan acara pembukaan tersebut.

Sebelum acara dimulai, para peserta berbaris rapi dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dengan antusias, hadir pada saat itu Istri Ketua DPRD Kabupaten Boyolali, Siti Juariah S. Paryanto, selaku Ketua FORMI, memberikan sambutan pada acara Pembukaan Sport For All Expo, menerangkan bahwa maksud kegiatan tersebut untuk  meningkatkan minat kemampuan dan pengembangan potensi olahraga rekreasi masyarakat dan tradisional se-Indonesia , sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dikalangan  masyarakat pecinta olah raga rekreasi dan tradisional.

Selanjutnya dibuka oleh Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, mengatakan “Mengajak kita untuk hidup sehat dan sehat terus dengan adanya Festival olah raga ini guna membangkitkan dan mengenang kembali kecintaan kita pada olahraga tradisional sehingga bisa memberikan pemahaman bagi generasi berikutnya agar bisa melestarikan nilai tradisional seni budaya untuk membangun Negeri”. Selanjutnya dibuka dengan Lomba terompah panjang antara kelompok yang terdiri dari Wabup. Boyolali, Ketua Formi Kabupaten Boyolali, dan sebagian Kepala OPD, melawan atlet Terompah panjang.

Untuk diketahui, FORMI  menjadi induk dari organisasi cabang olahraga di luar KONI/KOI dan terbagi tiga kategori olahraga massal, tradisional, dan tantangan. Organisasi cabang olahraga itu adalah senam tera, poco-poco, aerobik, barongsai, pemandu sorak, egrang, gangsing, panco, skateboardparkour, panjat dinding, bike to work Indonesia, satria nusantara, asosiasi BMX Indonesia, dan lainnya.

Cabang Olahraga tradisional yang diadakan  antara lain; Tarik tambang, Dagongan, Terompah Panjang, Hadang, dan Egrang,  sedangkan Senam massal akan dilaksanakan besok Minggu (3/12/2017) bersama Yurike Prastica, dan ada penerbangan 1000 layang-layang secara serentak di Kompleks Alun-alun. Sedangkan Lomba Senam akan diadakan diberbagai tempat, antara lain di Lapangan Futsal Sepuran yang akan diadakan Lomba Senam Tera, Senam Porpi, dan Senam sport for all P RT, sedangkan lomba senam SSI akan diadakan di Pendopo alun-alun kidul, Gelanggang Anurogo akan diadakan lomba Senam Poco-poco dan lomba Dansa  ILDI, sedang lomba Senam Aerobik akan diadakan di Panti Marhaen.

Besok pada hari Minggu (3/12), Permainan Bumerang, Panco, Liong Barongsai, akan dilaksanakan di kompleks Alun-alun kidul Kabuypaten Boyolali, sedangkan Tonnis diselenggarakan di lapangan indoor Poncobudoyo, Bola Sundul dilaksanakan di lapangan Voli SMPN I Boyolali, dan Voley atlet Nasional akan diadakan di Gedung Mahesa. “Kami mengharap peran serta masyarkat dalam memeriahkan acara tersebut”, Ucap salah satu Panitia yang berhasil ditemui. (Humas_DPRD)

Berita Terbaru