‏‏‎ ‎

Salurkan Aspirasi, Paguyuban Pedagang Pengging Sowan Ke DPRD

BOYOLALI – Akhir-akhir ini mencuat pemberitaan tentang Pedagang Pasar Pengging yang menolak Relokasi, hal itu tidak tampak saat Ketua DPRD, S. Paryanto, bersama Ketua Komisi III, Ribut Budi santoso, Menerima kedatangan mereka di Balai Rakyat Gedung DPRD Kabupaten Boyolali. Kurang lebih 30 orang dengan pengawalan Polisi pada Selasa (30/1/2018) mendatangi Gedung DPRD dengan damai sambil membawa “jajan Pasar” bermaksud meyalurkan aspirasi kepada Wakil Rakyat.

Yudha Prangkoso yang merupakan Ketua Paguyuban Pedagang Pengging mengatakan  bahwa Para Pedagang Pasar Pengging tidak menolak untuk relokasi, tapi dengan pertimbangan bahwa pasar Pengging adalah tempat mereka mencari sandang pangan, sehingga meminta lokasi yang strategis, yang dapat membawa keberlangsungan dalam berdagang. Paguyuban mengusulkan sebelah timur Candi Sari yang saat ini masih berdiri Pasar Pengging, dengan memberikan Berkas yang diberikan langsung kepada Ketua DPRD Boyolali.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPRD, S. Paryanto mengatakan bahwa untuk Relokasi Pasar Pengging masih belum final, ada tiga alternatif tempat yang saat ini masih dalam pembahasan, termasuk yang diusulkan oleh para pedagang Pasar Pengging. Beliau juga menitipkan pesan untuk penataan pedagang pasar hendaknya harus adil tidak ada permainan jual beli tempat didalamnya, sehingga terdapat pemerataan dalam perdagangan, serta mengkhususkan blok – blok dalam pasar sesuai barang dagangan yang dijual.

Pasar tanpa tingkat merupakan wacana yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali, karena mengingat beberapa pasar yang lantai atas biasanya sepi, oleh karena itu memerlukan tempat yang luas, ungkap S. Paryanto. “Pedagang disuruh menempati gratis Kios atau Los Lantai atas pun tidak mau, apalagi disuruh bayar”. Camat Banyudono menambahkan “Masalah pembebasan lahan menjadi isu utama apabila tanah tersebut merupakan hak milik perorangan tentu akan menyedot anggaran Daerah”, Beliau mencontohkan apabila perlu pembangunan Jalan melewati lahan warga tentunya akan memerlukan anggaran yang tidak sedikit.

Acara ditutup dengan senyum oleh semua hadirin dengan harapan mendapatkan solusi yang terbaik bagi para pedagang Pasar Pengging. Ketua DPRD meyakinkan akan segera menindaklanjuti aspirasi para pedagang pasar Pengging. (Hoed)

Berita Terbaru