‏‏‎ ‎

Dewan Dukung dan Apresiasi Bersih Sungai Guyangan

BOYOLALI – Gerakan bersih sungai yang digiatkan masyarakat Banyudono, mendapat dukungan penuh DPRD Boyolali. Salah satunya yakni kegiatan bersih-bersih Sungai Guyang, di Desa Bendan, Banyudono, Kamis (11/5).
Kegiatan bersih sungai yang dikemas dalam geliat warga gotong-royong desa Bendan itu, diikuti sekitar 500 orang, baik dari warga Bendan maupun instansi terkait, juga dari dan relawan peduli sungai dan anggota Tim SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali.
Bentuk dukungan tersebut salahsatunya dengan kehadiran Ketua DPRD Boyolali, S Paryanto, yang turut terjun ke sungai untuk bersih-bersih bersama masyarakat. Sepanjang aliran Sungai Guyangan yang berada di selatan Masjid Ciptomulyo Pengging tersebut, dibersihkan dari sampah maupun belukar liar. Sampah yang diambil dari sungai tersebut kemudian dikumpulkan untuk kemudian diangkut ke tempat akhir pembuangan sampah.
Dalam kesempatan itu, Paryanto mengungkapkan apresiasinya atas kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai. Apalagi menurut dia, wilayah Banyudono khususnya Pengging merupakan kawasan wisata. Sehingga kebersihan lingkungan diperlukan, selain untuk kesehatan masyarakat juga untuk mendukung pariwisata di Pengging, Banyudono.
Paryanto juga berpesan agar masyarakat dapat terus menjaga kebersihan sungai, di antaranya tidak membuang sampah ke aliran sungai.
“Mari sama-sama kita jaga kebersihan sungai dari pencemaran,” kata Paryanto.
Sementara itu menurut Camat Banyudono, Rita Puspitasari, gerakan bersih sungai terus digalakkan di wilayahnya. Sebelum ini lanjut dia, kegiatan bersih sungai juga dilakukan di aliran Sungai Sungsang, yang masih dalam kawasan wisata Pengging.
Melalui kegiatan ini, Rita berharap selain terus menghidupkan semangat gotong-royong di masyarakat, juga menjadi ajang untuk lebih mencintai sungai. Sehingga ke depan, aliran sungai khususnya yang melintas Banyudono dapat terus terjaga kebersihannya dan bermanfaat bagi masyarakat. (HUMAS DPRD)

Berita Terbaru