‏‏‎ ‎

Artis Nasional Cicipi Kuliner Khas Boyolali

DPRD BOYOLALI – Jajaran DPRD Boyolali ikut memperkenalkan potensi kuliner dan wisata ikon di Boyolali melalui kegiatan bersama sejumlah program infotainment di lima stasiun televisi nasional. Kegiatan untuk mempromosikan ragam kuliner dan wisata ikon Boyolali itu, dilangsungkan selama dua hari, Senin-Selasa (3-4/4/2017).

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Boyolali, S Paryanto, turut memperkenalkan sejumlah kuliner unggulan di Boyolali. Di antaranya yakni Soto Rumput dan nasi tumpang, sejumlah oleh-oleh produk khas Boyolali.

Promosi kuliner unggulan tersebut, S Paryanto berkesempatan menjamu sejumlah artis nasional, di antaranya Ihsan Taroreh, Iis Sugianto. Sebelum menikmati kuliner khas Boyolali, S Paryanto juga mengajak para artis menengok proses pembuatan di dapur Soto Rumput yang berada di kawasan Sunggingan, Boyolali Kota. Tanpa canggung, S Paryanto pun menjelaskan proses memasak soto kemudian mengajak para artis untuk mencicipi Soto Rumput yang terkenal itu.

Tak hanya Soto Rumput, S Paryanto pun mengajak para artis untuk mencicipi masakan khas Boyolali lainnya, yakni nasi tumpang empal di Kura (pusat kuliner rakyat heritage) yang ada di Jalan Merbabu Boyolali Kota.

Para artis pun mengaku senang dapat menikmati kuliner khas Boyolali. Bahkan menurut Ihsan maupun Iis, kuliner tersebut sangat khas dan belum lengkap ke Boyolali jika belum menikmatinya.

“Dari kuahnya saja sudah membangkitkan selera, mantap sekali enaknya,” ungkap Ihsan diamini Iis.

Sementara itu menurut S Paryanto, Soto Rumput merupakan salah satu soto yang pertama di Boyolali. Hingga saat ini resep soto tersebut terus dilestarikan sehingga cita rasanya tetap sama dan tidak berubah.

Menurut Paryanto, Boyolali kaya dengan produk kuliner khas, baik masakan maupun produk oleh-oleh. Makanan abon misalnya, dari dulu Boyolali terkenal sebagai sentra produksi abon. Kondisi ini tidak lepas dari wilayah Boyolali yang merupakan sentra produksi sapi potong.

Terkait kegiatan ini, Paryanto mengatakan sebagai upaya untuk mengenalkan Boyolali ke seluruh nusantara bahkan internasional. Bahwa Boyolali kaya dengan berbagai produk unggulan, baik kuliner, maupun lokasi-lokasi wisata.

“Boyolali sangat layak untuk dikunjungi dan kami menerima dengan terbuka siapa saja yang datang berkunjung,” papar Paryanto.

Usai menikmati kuliner khas Boyolali, para artis kemudian bermalam di Hotel Heritage Boyolali. (Humas DPRD).

Berita Terbaru